Lampu Lalu-lintas Yang Pintar



Memang mengesalkan kalau harus tunggu lampu lalu lintas terlalu lama untuk berubah menjadi hijau, padahal sudah tidak ada mobil yang lewat.
Bukan saja bikin kesal tapi itu namanya juga pemborosan BBM!!!!

Stefan Lämmer di Dresden University of Technology dan Dirk Helbing dari ETH Zurich sedang mengembangkan sebuah sistim lampu lalu lintas yang bisa menganalisa kondisi di jalanan secara real-time.

Dengan sensor yang ada, sebuah lampu lalu lintas akan menganalisa kondisi kendaraan di jalan yang bersangkutan jadi misalnya kalau ternyata jumlah kendaraan yang lewat di jalan tersebut tidak banyak maka sistim ini akan membuat waktu tunggu menjadi sebentar atau sebaliknya.


http://www.otakku.com/wp-content/uploads/2010/09/traffic.jpg

Sistim ini juga akan berkoorinasi dengan lampu lalu lintas yang ada di area sekitar sehingga waktunya bisa disesuaikan satu dengan yang lainnya.

Sistim ini sendiri sudah diuji coba di sebuah jalan bernama Dresden, Jerman dan hasilnya waktu tunggu di lampu merah bisa dikurangi sampai 30%, itu namanya hemat waktu dan BBM sekaligus. Dan belum lagi kemungkinan anda didatangi si "kapak merah" bila tunggu lampu merah terlalu lama. :D

Diharapkan setelah berhasil uji coba, mereka akan bekerja sama dengan pemerintah di sana untuk menerapkan sistim ini.



sumber gizmag.com, otakku.com












 
Fakta Terkonyol © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Buy Dofollow Links! =) , Lastminutes and Ambien Side Effects