3N Adalah Gua Garam Terbesar Di Dunia



Gua garam yang bernama 3N ini terletak di sebuah pegunungan di Iran. Gua garam tersebut tercatat sebagai gua garam yang terbesar di dunia. Gua garam ini memiliki panjang 6580 meter dan lebar yang mencapai 40 meter. Salah satu keunikan dari gua garam ini adalah proses terbentuknya yang terjadi secara alami. Jalan lintasan di gua ini selalu berubah sesuai keadaan dari waktu ke waktu. Lebar sesungguhnya dari lintasan gua tersebut tidaklah diketahui secara pasti tetapi diperkirakan, ukurannya bisa mencapai beberapa puluh meter bahkan ratusan meter!

Sungai Gua 3N
Selama terjadinya badai, aliran sungai memotong dinding gua di satu sisi dan pada waktu yang bersamaan aliran sungai tersebut mengisi ruang yang kosong dengan sendimen di sisi lainnya. Gua juga berfungsi sebagai dasar aliran sungai yang berkelok-kelok.

Lokasi Gua 3N
Gua garam tersebut terletak di bagian timur dari Pegunungan Zagros dan Teluk Persia. Seperti yang sudah diketahui bahwa daerah Pegunungan Zagros tersebut merupakan tempat di mana banyak bermunculan gunung-gunung dan gua-gua garam (disebut juga dengan istilah “diapir”, yang berarti penerobosan (intrusi) batuan karena perbedaan tekanan dan bouyancy). Jumlah diapir garam yang terletak di pegunungan tersebut berjumlah lebih dari 200 buah dan dinyatakan sebagai daerah pembentukan karst (karst adalah sebuah bentukan di permukaan bumi yang pada umumnya dicirikan dengan adanya depresi tertutup, drainase permukaan, dan gua) yang terbesar dan terbaik di dunia.

Proses Pengendapan Garam
Garam yang membentuk pegunungan tersebut tersimpan /terendapkan lebih dari setengah milyar tahun di sebuah cekungan lembah. Garam yang diendapkan tersebut berada pada iklim yang kering dan hangat. Setelah puluhan milyar tahun endapan garam tersebut telah ditutupi oleh batuan sendimen lainnya (batu kapur dan batu pasir) serta oleh batuan vulkanik. Dengan begitu garam-garam tersebut telah “dikuburkan” di kedalaman beberapa kilometer dari permukaan bumi. Karena mendapatkan tekanan yang tinggi pada kedalaman tersebut dan karenan plastisitas yang tinggi, garam mulai muncul ke permukaan bumi dalam bentuk silinder yang memiliki diameter hingga beberapa meter. Dan inilah awal mulanya terbentuk gua garam.

Berikut Adalah Foto-Foto Keindahan Gua 3N









 

http://unikboss.blogspot.com/2010/09/3n-adalah-gua-garam-terbesar-di-dunia.html










 
Fakta Terkonyol © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Buy Dofollow Links! =) , Lastminutes and Ambien Side Effects