Surena Robot Buatan Iran



 

Para ilmuwan Iran tidak hanya sibuk mengurusi nuklir dan rudal balistik. Buktinya, akhir pekan lalu, mereka memamerkan satu lagi produk canggih produksi dalam negeri. Produk modern itu adalah Surena-2, robot mirip manusia yang bisa berjalan dan melakukan tugas-tugas "sensitif".

Sabtu waktu setempat (3/7), Presiden Mahmoud Ahmadinejad sendiri yang memperkenalkan Surena-2 kepada publik Iran. Robot setinggi 145 sentimeter itu memiliki berat 45 kilogram. "Namanya diambil dari nama seorang kesatria Persia kuno," kata pemimpin 53 tahun itu dalam peluncuran perdana Surena-2, seperti dilansir Agence France-Presse kemarin (4/7).

Media Iran menuliskan bahwa Surena-2 bisa melenggang seperti manusia. "Robot ini bisa berjalan dengan gerakan tangan dan kaki yang sangat mirip dengan manusia. Robot ini sengaja dikembangkan untuk membantu manusia mengerjakan tugas-tugas yang sulit dan sensitif," tulis salah satu media, tanpa merinci definisi tugas sensitif dan sulit yang dimaksud. 


http://unikboss.blogspot.com/2010/09/surena-robot-buatan-iran.html










 
Fakta Terkonyol © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Buy Dofollow Links! =) , Lastminutes and Ambien Side Effects