Inilah Daftar 10 Danau Paling Dalam di Dunia



 

 10. Danau Matano (Sulawesi Selatan – Indonesia)

Danau Matano adalah sebuah danau di Sulawesi Selatan, tepatnya berada di ujung selatan pulau Sulawesi di kota Sorowako, Kabupaten Luwu Timur. Danau ini memiliki kedalaman sejauh 600 meter (1.969 kaki), 382 meter di antaranya di atas permukaan laut.Danau Matano bukan merupakan pembentukan dari beberapa anak sungai, tetapi terbentuk dari ribuan mata air sehingga tidak akan pernah mengalami kekeringan dan airnya sangat jernih. 10. Danau Matano (Sulawesi Selatan – Indonesia)

9. Danau Great Slave (Kanada)

9. Danau Great Slave (Kanada)

Great Slave Lake (Perancis: lac des Grand Esclaves) adalah danau terbesar kedua di Northwest Territories Kanada. Danau terdalam di Amerika Utara dengan kedalaman 614 m (2014 ft) ini memiliki area seluas 27.200 km2. Kota di sekitar danau meliputi: Yellowknife, Fort Providence, Hay River dan Fort Resolusi.

8. Danau Kawah Caldera (Oregon - USA)

8. Danau Kawah Caldera (Oregon - USA)
Danau kawah Kaldera adalah danau yang terletak di daerah selatan-tengah negara bagian Oregon. Danau ini adalah fitur utama dari Taman Nasional Danau Kawah (Crater Lake National Park) dan terkenal dengan warnanya biru tua dan kejernihan airnya. Danau yang terbentuk sekitar 7.700 (± 150) tahun yang lalu oleh runtuhnya Gunung Mazama ini memiliki kedalaman sekitar 2.148 kaki (655 m). Danau ini dikelilingi tebing dengan ketinggian sampai dua ribu kaki, dan dilengkapi dengan dua pulau kecil dan air biru yang spektakuler, yang menjadikan danau ini sebagai tempat yang sempurna untuk para fotografer.
Pada tanggal 12 Juni 1853, John Wesley Hillman dilaporkan sebagai orang Amerika Eropa pertama yang melihat danau yang dia beri nama "Deep Blue Lake" ini di Oregon. Danau ini dinamai setidaknya tiga kali, sebagai Blue Lake, Lake Mulia, dan akhirnya Crater Lake (Danau Kawah).

7. Danau Issyk Kul (Kyrgyzstan)

7. Danau Issyk Kul (Kyrgyzstan)
Danau Issyk Kul memiliki area seluas 6.236 kilometer persegi. Terletak di ketinggian 1.607 meter (5.272 kaki), dengan kedalaman 668 meter (2.192 ft).
Sekitar 118 sungai dan sungai mengalir ke danau ini, yang terbesar adalah Djyrgalan dan Tyup. Danau yang airnya bersumber dari banyak mata air ini saat ini tercatat tidak memiliki outlet,akan tetapi beberapa hydrologists berhipotesis bahwa di bawah tanah air danau ini terfiltrasi ke Sungai Chu.

6. Danau Malawi (Afrika)

6. Danau Malawi (Afrika)

Danau Malawi juga dikenal sebagai Danau Nyasa di kebanyakan negara, atau Danau Nyassa, Danau Niassa, atau Lago Niassa di Mozambik. Danau ini terletak di antara Malawi, Mozambik, dan Tanzania dan ketahui sebagai danau yang memiliki lebih banyak habitat dari beragam jenis ikan perairan tropis dibandingkan dengan danau lainnya di Bumi.
Danau Malawi atau Danau Nyaza memiliki kedalaman 706 meter dengan luas permukaan total danau sekitar 29.600 kilometer persegi. Danau ini memiliki garis pantai barat di Mozambik, Malawi timur, dan Tanzania selatan. Danau air tawar ini memiliki mengalir ke Sungai Shire, sebuah anak sungai yang mengalir ke Sungai Zambezi sangat besar.
Danau Malawi atau Nyaza sendiri diperkirakan berumur setidaknya sekitar 40.000 tahun.


5. Danau O'Higgins/San Martín (Argentina)

5. Danau O'Higgins San Martín (Argentina)

Danau yang dikenal sebagai O'Higgins di Chili dan San Martín di Argentina, terletak di Patagonia, antara Daerah Aysén dan Propinsi Santa Cruz .
Luas permukaannya adalah 1.058 km ² di 250 meter di atas permukaan laut, dan memiliki panjang garis pantai dari 525 km. Danau terdalam adalah di Amerika dengan kedalaman maksimum 836 meter dekat O'Higgins Glacier dan karakteristik warna biru susu pada danau ini berasal dari bebatuan yang tersuspensi dalam perairan. Glacier O'Higgins mengalir ke arah timur ke arah danau, seperti halnya gletser Chico.

4. Danau Vostok (Antartika)

4. Danau Vostok (Antartika) 2

4. Danau Vostok (Antartika)
Dari 140 danau sub-glacial di bumi, Vostok adalah yang terbesar dan terdalam, dengan kedalaman maksimum 1000 meter (2.950 ft). Di bawah Rusia Vostok Station, 13.000 kaki di bawah permukaan lapisan es Antartika pusat, danau ini mungkin danau yang paling murni di Bumi.
Suhu rata-rata air -3 ° C dan alasan mengapa danau ini masih cair di bawah titik beku adalah adanya pengaruh tekanan tinggi dari berat es di atasnya.
Para ilmuwan juga menemukan bahwa inti es mungkin berumur 420.000 tahun, yang berarti bahwa danau tersebut terselimuti selama lebih dari 500.000.

3. Caspian Sea (Azerbaijan, Iran, Kazakhstan, Russia, Turkmenistan)

3. Caspian Sea (Azerbaijan, Iran, Kazakhstan, Russia, Turkmenistan)

Danau ini terletak diantara daerah selatan dari Federasi Rusia dan Iran utara, terletak di daerah yang diselimuti air terbesar di Bumi. Danau ini adalah danau dengan air asin endorheic (salinitas sekitar 1,2%) yang terkungkung di daratan karena pergeseran benua 5,5 juta tahun yang lalu. Danau ini adalah danau ketiga terdalam di dunia turun kedalaman 1025 meter (3.363 ft).
Fauna di cekungan Kaspia sangat kaya: sejumlah besar sturgeon (sumber utama Kaviar), berbagai spesies langka salmon hanya dapat ditemukan di daerah ini.
Laut Kaspia sangat kaya akan sumber daya energi seperti minyak dan deposit gas, yang telah diolah sejak abad ke-10. Saat ini, minyak di cekungan Kaspia siperkirakan bernilai $ 12000000000000.

2. Tanganyika Lake (Kongo)

2. Tanganyika Lake (Kongo) 2

2. Tanganyika Lake (Kongo) 1
Danau Tanganyika adalah danau air tawar kedua terbesar dan terdalam kedua, setelah Danau Baikal di Siberia; juga danau terpanjang di dunia. Danau ini berada antara empat negara - Burundi, Republik Demokratik Kongo (DRC), Tanzania dan Zambia, dengan DRC (45%) dan Tanzania (41%).
Danau Tanganyika adalah danau air tawar terdalam di Afrika dan yang kedua di dunia dengan kedalaman maksimum 1470 meter (4.823 ft).

1. Lake Baikal (Siberia)

1. Lake Baikal (Siberia)

Danau Baikal juga dikenal sebagai "mata biru Siberia", terletak di selatan Siberia dekat perbatasan Rusia-Mongolia. Terkenal sebagai danau terdalam di dunia dengan kedalaman maksimum 1.642 meter (5.369 ft).Danau Baikal danau besar dengan eko-sistem besar di mana lebih dari 1.700 spesies flora dan fauna yang hidup; dua pertiga dari mereka hanya akan ditemukan di sini. Sepenuhnya dikelilingi oleh pegunungan terjal dan hutan lebat, danau ini memiliki usia diperkirakan 25-30 juta tahun, menjadikannya salah satu danau paling kuno dalam sejarah geologi.
http://unikboss.blogspot.com/2010/11/10-danau-terdalam-di-dunia.html










 
Fakta Terkonyol © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Buy Dofollow Links! =) , Lastminutes and Ambien Side Effects