13 Tips Agar Tidur Enak



Tidak setiap orang bisa mengalami kualitas tidur yang baik. Simak 13 saran berikut agar Anda bisa tidur nyenyak, sehingga segar dan bugar ketika bangun.



1. Temukan kedamaian dan ketenangan pada saat menjelang waktu tidur
Untuk bisa tidur cepat dan nyenyak sepanjang malam, ternyata tubuh memerlukan persiapan. Bagaimana bisa tidur enak kalau tubuh dan pikiran tidak dipersiapkan untuk itu? Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menciptakan suasana damai dan tenang. Tinggalkan masalah yang membebani Anda hari itu. Ringankan pikiran dan tubuh dengan aktivitas yang menyenangkan.
  • Jika suasana tidak enak atau tetangga berisik, cobalah anda keluar kamara dan mencari tempat paling nyaman untuk duduk. Tenangkan hati dan pikiran agar tidak terganggu oleh keadaan itu.
  • Anda juga bisa mencoba membaca untuk rileks. Pilihlah bacaan yang ringan agar tidak menyedot perhatian dan malah membuat terjaga.
  • Menonton acara TV? Mengapa tidak! Namun pilihlah program yang santai.
  • Mendengarkan musik juga sangat dianjurkan. Sekali lagi, pilihlah musik ringan yang menenangkan.
  • Cobalah bermeditasi atau berdoa. Ini akan mendamaikan hati dan pikiran kita.
  • Jika suka, Anda juga bisa berendam air hangat atau meminta pijat ringan.
2. Buatlah ritual menjelang tidur
Ritual ini diperlukan untuk memberi sinyal kepada tubuh bahwa saat inii adalah waktunya tidur. Tentu ritualnya terserah Anda. Misalnya, pada jam tertentu Anda mengunci semua pintu, mematikan lampu, membersihkan diri di kamar mandi, memakai krim malam, gantu baju, lalu naik ke tempat tidur. Jika ritual ini dilakukan setiap hari, tubuh akan mengerti kapan harus tidur.

3. Jangan berangkat tidur saat marah
Kalau berangkat tidur masih marah, percayalah, di tempat tidur Anda akan memikirkan argumentasi dan strategi melakukan serangan balik. Terlalu sering orang menjadikan tempat tidur sebagai arena menyelesaikan masalah. Padahal, tempat tidur mestinya dijadikan tempat untuk merasakan kedamaian dan ketenangan.

4. Jangan mencemaskan soal tidur
Mencemaskan soal tidur sama sekali tidak produktif bahkan hanya menghasilkan lebih banyak stres, kegelisahan dan insomnia.

5. Jangan paksakan diri untuk tidur
Banyak orang suka memaksakan diri supaya bisa tidur karena keesokan harinya akan melakukan sesuatu yang penting. "Saya harus tidur, saya harus tidur," kalimat yang diucapkan berkali-kali di dalam hati itu bukannya membuat mengantuk dan tertidur. Semakin keras dia berusaha, malah makin sulit. Cobalah untuk melakukan saran nomor 1: rileks!

6. Tundalah penundaan!
Pada umumnya kita suka menunda pekerjaan dengan moto: "Kalau bisa besok, mengapa harus dikerjakan hari ini." Akibatnya sebagian orang menjadi sulit atau tidak nyenyak tidur karena pikiran masih tertinggal di pekerjaan, memang dibutuhkan disiplin.
  • Buatlah dafta apa yang harus diselesaikan hari itu, jangan lupa mengatur waktunya.
  • Selesaikan apa yang telah Anda mulai. Meninggalkan pekerjaan setengah jadi bisa menyulitkan Anda untuk rileks sebelum tidur. Kadang juga membuat malas untuk menyelesaikan pada keesokan harinya.
  • Peganglah janji untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Buatlah jadwal dan tepatilah apa yang telah Anda rencanakan.
7. Jangan terobsesi tentang mimpi
Mimpi memang kontroversial. Ada ilmuwan menganggap mimpi merupakan ungkapan bawah sadar. Yang lain hanya menganggap mimpi sebagai pikiran acak yang masuk ke dalam otak dan tidak memiliki arti. Karena itu, mengenalisis arti mimpi sama sekali tidak ada gunanya. Yang jelas, mengalami mimpi dan bisa mengingat merupakan pertanda tidur kita tidak nyenyak.

8. Berlatihlah olahraga lebih awal

Olahraga memamg perlu tapi jika itu dilakukan dekat-dekat waktu tidur akan membuat Anda tidak bisa beristirahat dengan enak. Olahraga bukan hanya membuat kita merasa lelah, tapi organ-organ tubuh seperti otak,jantung dan lain-lain akan terstimulasi menjadi aktif, sehingga membutuhkan waktu untuk pendinginan. Lakukan latihan lebih awal, kalau bisa pagi hari, 30-45 menit 3-4 kali seminggu.

9. Hati-hati dengan kefein
Kafein yang terdapat di dalam kopi dan teh hitam memang lazim kita minum pada pagi atau sore hari. Bahkan karena berpendapat bahwa kopi tidak berpengaruh apap pun, kadang orang minum kopi pada waktu menjelang tidur. Padahal, ada efek yang tidak disadari, yaitu menjadi letih saat bangun tidur. Celakanya, oranhg lantas mencoba menghilangkan rasa lelah, letih dan kurang segar itu dengan minum kopi. Ini tak lebih dari lingkaran setan yang mencelakakan. Jangan minum kafein setidaknya enam jam sebelum waktu tidur. Jangan pula meremehkan kefein pada produk lain seperti minuman ringan, penambah ebergi, dan sebagainya.

10. Makan cemilan, sebelum tidur
Makan terlalu kenyang, kalau tidak membuat sulit tidur malah membikin ngantuk. Namun, berangkat tidur dalam keadaan perut lapar juga tidak baik karena membuat sulit atau tidak nyenyak tidur. Riset membuktikan makan cepat dan ringan sebelumnya bisa membuat tidur lebih nyenyak. Lakukan sekitar 30 menit sebelum tidur, tapi jangan di atas tempat tidur. Hindari makanan yang mengandung MSG dan kafein.

11. Jangan merokok
Merokok bukan hanya akan mengganggu keseahtan, tapi juga membuat Anda terjaga. Riset menunjukkan perokok berat memiliki risiko lebih tinggi memgalami insomnia dibanding bukan perokok.

12. Jangan minum lalu tidur

Ada kalanya minuman beralkohol membantu orang untuk tidur. Namun, alkohol akan membuat mereka terjaga pada tengah malam, menambah porsi minum, dan pada akhirnya menuai berbagai penyakit termasuk terganggunya pernapasan. Jangan memilih minuman beralkohol untuk pengantar tidur. Pilihlah teknik rileksasi lain.

13. Berjalan kakilah pada pagi hari
Anda mungkin tidak memiliki kesulitan untuk tidur nyenyak. Namun, mungkin Anda belum tahu bahwa jalan kaki pada pagihari bisa membantu mendapatkan kualitas tidur yang baik. Mengapa? Ini merupakan rangkaian pembentukan jam biologis Anda. Seperti halnya ritual menjelang tidur, jalan kaki, atau naik sepeda bisa membentuk ritme tubuh kapan harus tidur dan bangun.
Sumber: http://www.dechacare.com/13-Persiapan-Agar-Tidur-Enak-I705.html









 
Fakta Terkonyol © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Buy Dofollow Links! =) , Lastminutes and Ambien Side Effects