Pesawat terbang Anda sudah tahu, burung besi dengan sepasang sayapnya, ekor, dan bodi. Orang menciptakan pesawat terbang memang terinspirasi dari burung. Tapi helikopter, inspirasinya dari mana? Ada yang bilang meniru cara terbangnya capung. Entahlah, yang jelas kalo pesawat biasa kehilangan mesinnya masih bisa dikendalikan layaknya glider tak bermesin – dengan cara yang benar tentunya. Balon udara masih bisa diturunkan jika kehilangan tenaganya, tapi helikopter? Jika mesinnya mati opsi-nya cuma satu: jatuh! Kira-kira orang gila mana yang dulu berani menerbangkan prototipe helikopter? Bukan cuma menerbangkan, mereka juga ternyata bikin mesin terbang ini menjadi monster-monster raksasa di udara
ewasa  ini helikopter-helikopter ini dibuat  semakin besar  sesuai dengan   kebutuhannya terutama untuk mengangkut  logistik perang,  kargo udara,   dan penanganan bencana.
Sekali mesinnya mati atau sesuatu menghalangi lajunya, tidak ada ampun, dia akan langsung menghunjam ke bumi. Maklum, tidak bersayap.
Tapi   manusia tidak menyerah dan terus berusaha sehingga saat  ini bisa    dikatakan helikopter sudah seaman dan senyaman pesawat  terbang biasa.
 Helikopter   di Alaska yang mencoba   menarik kapal dengan sebuah tali yang   panjangnya 600ft dengan posisi   hidungnya yang bersudut 25 derajat ke   bawah.
Bahkan mereka  membuatnya dengan ukuran yang sangat besar.
Tidak   seperti pesawat biasa, Lomba membuat  helikopter-helikopter  berukuran   besar dimulai setelah Perang Dunia II.  Seperti halnya banyak   teknologi  mesin terbang, helikopter mengalami  kemajuan pesat menjadi   lebih  berfungsi dan aman. Sementara itu, di  awal tahun 40-an mesin   terbang  cukup beruntung bisa terbang di udara –  tanpa membunuh   pilotnya.
Awalnya   belum berlangsung begitu lama. Di tahun 50-an muncul   desain-desain   helikopter radikal, baik yang disponsori oleh Amerika   maupun Uni  Soviet.  Salah satu desain yang sukses adalah Boeing Chinook   yang  dikenal tidak  hanya digunakan untuk kepentingan militer tapi juga    digunakan oleh  perusahaan-perusahaan sipil untuk kargo. Muncul di   akhir  tahun 50-an dan  bertahan sangat lama digunakan karena kemampuan    angkutnya.
Saat   ini versi modern dan terbarunya masih digunakan di  seluruh dunia.    Terbukti mampu menghubungkan lokasi-lokasi yang tidak  mungkin atau   sulit  dijangkau. Chinook mampu mengangkut kargo seberat  28.000 pounds   (14  ton).
Helikopter-helikopter Monster Soviet
Raksasa   lainnya adalah Mi-6, buatan biro desain Soviet Mikhail Mil . Dibuat di  tahun 50-an, Mi-6 sosoknya memang seperti monster. Meski bentuknya  tidak seaneh Chinook, monster ini mampu mengangkut barang bawaan seberat  26.000 ton (12 ton). Helikopter ini termasuk yang paling  populer di  Soviet dan hingga kini  beberapa diantaranya masih  digunakan.
Meski   Chinook kelihatan aneh dan Mi-6 begitu besar, sosok     helikopter-helikpoter besar lainnya dibuat tidak lagi mementingkan     ukurannya kecuali bentuknya saja yang semakin aneh. Lihatlah sosok     Mi-10. Dibuat berbasiskan Mi-6 dengan 4 kaki monsternya yang mencolok,     jadinya mirip capung raksasa.
Bukan Amerika namanya kalau tidak menciptkan helikopter yang juga besar seperti punya Soviet. Mungkin karena didesain oleh Hughes, helikopter XH-17 ini benar-benar besar dan menakutkan. Jadi inget film Transformer. Hehe.
CH-54  Tarhe sedang mengangkut F-4 Phantom II yang rusak:
Sikorsky S-64 Skycrane, gambar dari model helikopter yang cantik, lihat di sini:
Fairey   Rotodyne, 1959, digembar-gemborkan sebagai “Airline  dengan  vertical   take-off pertama di dunia” (proyeknya dihentikan 1962)  dan  merupakan   airline pertama di dunia yang menggunakan helikopter:  New  York  Airways,  1953

“Pada  8 Juli 1953, perusahaan New York  Airways menjadi  yang pertama  kali  melayani penumpang dengan menggunakan  helikopter.  Beroperasi  seperti  dengan gaya sebuah perusahaan bis,   helikopter-helikopter ini  terbang  dari lokasi-lokasi seperti La Guardia   Airport, New York  International  Airport, Neward Airport, West 30th   Street di Manhattan,  White  Plains, dan Stamford sepanjang hari” Helikopter  Terbesar Sepanjang Masa dan Salah Satu Yang Paling Aneh
Selain capung raksasa seperti Sky Crane dan MI-10, lihat juga sosok pesawat ini yang sebenarnya mirip-mirip pesawat terbang biasa. Tapi ada rotor baling-baling utama, baling-baling ekor, juga bodi pesawat, dan monster yang dinamakan Mil V-12 ini memang lain daripada yang lain:
Memang monster ini punya baling-baling, tapi di V-12 baling-baling ini diletakkan di sisi samping bodinya yang besar. Aneh kan? Sampai saat ini helikopter inilah yang dianggap sebagai yang terbesar di dunia. Seberapa besar ? Lebarnya sama dengan Boeing 747, tapi tidak seperti 747 yang membutuhkan landasan panjgan, V-12 mampu take-off secara vertikal dan pada saat yang sama menarik beban seberat 55.000 pounds atau bahkan 80.000 pounds.
“Pada tanggal 6 Agustus 1969, Mi-12 telah mengangkut kargo seberat 44.205 kg pada ketinggian 2255 m, dan tercatat sebagai rekor dunia untuk kapasitas helikopter yang hingga kini belum terpecahkan.”
Mi-26:  Helikopter Terbesar di Dunia Yang Masih Beroperasi
Jangan  coba-coba  mendekati monster yang satu ini ketika   baling-balingnya  berputar.  Batu-batu berdiameter 12 inch saja bisa   diterbangkan  seperti daun.  Kru-nya berjumlah 6 orang, NATO menyebutnya   “Halo”,  mega helikopter ini  mampu mengangkut 70 penumpang atau sebuah    laboratorium di udara, atau  sebuh dump-truck, dengan masih menyisakan    ruang.
Saat  dibandingkan dengan Chinook, Mi-26 jelas lebih besar. Lihat  modelnya  berikut ini:
Lihat  chart detail dari mesin ini di sini. Mi-12 masih lebih besar dibanding  dengan Mi-26, sayangnya Mi-12 sudah  tidak  terbang lagi.
Mi-26 sedang mengangkut Mi-10  dengan tali:
Di  bawah ini rotor utama Mi-26 dan gearbox-nya:
“Bulan   November 2003, koalisi pimpinan Amerika  menjalankan Opersi  Mountain   Resolve di provinsi Nuristan dan Kunar,  Afganistan. Foto saat  operasi  di  atas diambil oleh sersan Greg Heath  dari US Army. Chinook   mendarat  untuk menjemput tawanan Afganistan yang  ditangkap oleh US   Mountain  Division ke-10.”
Informasi  yang lain menyebutkan  sebenarnya ada satu  helikopter yang   benar-benar berukuran terbesar di  dunia, tapi  sayangnya baru berupa   konsep
 http://unikboss.blogspot.com/2010/10/helikopter-pengangkut-barang-terbesar.html
